Antisipasi Bencana Alam, Tim Saber Kelurahan Tarempa Edukasi Warga

0
420
TIM Saber Kelurahan Tarempa saat membersihkan aliran sungai dari sampah

ANAMBAS, KABARTERKINI.co.id – Tim Sabtu Bersih atau Saber Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Kepulauan Anambas mengedukasi warga agar menjaga kebersihan, demi antisipasi bencana alam, seperti banjir bandang dan tanah longsor baru-baru ini sempat terjadi. Akibat banjir bandang dan tanah longsor, sejumlah warga kecamatan di kabupaten kepulauan perbatasan itu mengalami kerugian cukup besar.

“Kunci utama menangkal banjir bandang dan tanah longsor, kita wajib menjaga kebersihan alam dari sampah menyumbat drainase atau parit tempat jalan air. Ketika parit mengalami penyumbatan, otomatis jalan air, disaat musim penghujan akan tersekat,” kata Lurah Tarempa Samsir disela-sela kegiatan, Sabtu 9 Januari 2020.

Jadi, sambungnya, minggu pertama 2021, Tim Siber bersama Komunitas Jaga Kampung (KJK) dan masyarakat akan fokus membersihkan kawasan RT 03/RW 03. Mengingat kawasan itu sempat terjadi banjir bandang, khusus Jalan Patimura.

“Kita melakukan kebersihan, termasuk mengedukasi warga bakal berkelanjutan setiap Sabtu. Jelas kawasan dilakukan pembersihan, sistem gantian,” ungkap Samsir.

Sekali lagi ia menghimbau warga agar selalu menjaga kebersihan, dan tidak membuang sampah sembarangan. Sehingga tempat aliran air tidak tersumbat, otomatis mencegah banjir bandang dan tanah longsor.

“Saya minta warga tidak membangun rumah menutup aliran sungai atau drainase. Sehingga air dari darat, ketika hujan lebat tidak tergenang, bisa menyebabkan terjadi bencana alam,” pungkasnya. (*sarnilam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here