Antisipasi Kebakaran, Damkar Usulkan Pemasangan Hydrant

0
433
HYDRANT terpasang di pemukiman padat penduduk sangat efektif antisipasi kebakaran (foto ilustrasi)

NATUNA, KABARTERKINI.co.id -Antisipasi kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Natuna berencana memasang hydrant di beberapa wilayah padat penduduk, seperti Kota Ranai, Ibukota Kabupaten Natuna.

Kepala Damkar Natuna Syawal Saleh mengatakan, dari pemetaan telah dilakukan, rencananya akan dilakukan pemasangan beberapa titik, yakni Pasar Ranai dan sejumlah jalan protokol.

“Kita sudah berapa kali mengusulkan, tapi karena ada rasionalisasi anggaran, mau tidak mau diprioritaskan lebih mendesak,” ujar Syawal kepada KABARTERKINI.co.id, Senin 16 Agustus 2021.

Konsep hydrant, sambungnya, merupakan paling efektif mengantisipasi kebakaran. Untuk kota besar dan daerah maju sudah sejak lama menggunakannya.

“Nanti, jika terjadi bencana kebakaran, mobil PMK dapat mempergunakan hydrant. Kaya di luar negeri, tidak ada lagi mobil tanki, dia main hydrant karena jauh lebih cepat geraknya,” ujar Syawal.

Kendati sudah beberapa kali diusulkan, pihaknya akan mengajukan kembali melalui APBD Natuna 2022. Kebutuhan anggaran diperkirakan sekitar Rp500 juta.

Apabila masuk dalam APBD 2022, pemasangan tidak hanya di lakukan di jalan protokol, akan tetapi juga disejumlah gedung, seperti Kantor Bupati Natuna, Asrama Haji, dan beberapa titik lainnya.

“Ketika telah terpasang hydrant, kita akan bekerjasama dengan PDAM. Pasalnya, pemasangan hydrant memerlukan jaringan pipa utama,” pungkasnya. (*iwan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini