Belum Hilang Wabah Covid-19, Kini Natuna Kehadiran Wabah DBD

0
160
PETUGAS Puskesmas sedang melakukan penyemprotan di salah satu rumah warga Sepempang

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Belum tuntas penanganan Covid-19, kini Natuna dikejutkan dengan hadirnya wabah Demam Berdarah Dengue (DBD). Wabah ini ditemukan di wilayah Desa Sungai Ulu, Kecamatan Bunguran Timur.

Kepala Desa Sungai Ulu Hermanto menyebutkan, penanganan wabah DBD, pihaknya menyerahkan langsung kepada Pustu Sungai Ulu dan Puskesmas Ranai. Sebab tenaga kesehatan memahami penanganan masalah ini.

“Kemarin sudah dilaksanakan penyemperotan asap, dan warga kita yang terkena DBD saat ini dirawat ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Natuna,” terangnya via WhatsApp, Senin 2 Agustus 2021.

Kepala Puskesmas Ranai, Nazri telah menerjunkan tim menangani masalah itu. Tim-nya telah melakukan pengobatan, penyelidikan, epidemiologi dan fogging.

“Ada tiga pasien DBD sudah kita rawat. Sekaligus kemarin, tim telah melakukan penyuluhan tentang wabah DBD pada masyarakat Sungai Ulu,” ungkap Nazri.

Namun Nazri mengaku, dalam penyemprotan atau fogging, pihaknya meminjam milik TNI AL. Sebab alat fogging milik Puskesmas Ranai sudah rusak.

“Kami telah melakukan penyemprotan asap ke rumah warga, antaranya, Desa Sepempang dan desa lainnya, diduga rawan wabah DBD,” bebernya.
Plt. Kepala Dinas Kesehatan Natuna Hikmat Aliansyah saat dikonfirmasi mengatakan, alat penyemprotan asap di Puskesmas Ranai ada tiga unit dan semua rusak.

Namun saat ini sedang dalam perbaikan. “Karena rusak, kemarin saat fogging, kita meminjam milik TNI AL,” kata Hikmat singkat. (*zani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here