Bupati Asahan Instruksi DLH dan PUPR Bekerjasama Kelola Sampah TPA

0
220
BUPATI Asahan (tengah) dilokasi TPA Sei Rengas

ASAHAN, KABARTERKINI.co.id – Bupati Asahan Surya menginstruksikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Kepala Dinas PUPR bekerjasama dalam mengelola sampah Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Kerjasama dengan mengerahkan alat berat untuk merapikan tumpukan sampah yang berserakan.

“Lokasi TPA sampah milik DLH, saya nilai masih mampu menampung sampah dari Kota Kisaran dan sekitarnya, dalam kurun waktu dua atau tiga tahun mendatang. Hanya lokasi TPA sampah ini perlu dikelola dengan baik. Sehingga benar – benar rapi dan sampah diangkut tidak berserakan,” kata Surya usai meninjau lokasi TPA Kelurahan Sei Renggas, Kecamatan Kota Kisaran Barat, Rabu 31 Maret 2021.

TPA ini, sambungnya, perlu pengelolaan bagus. Tujuannya supaya sampah dibuang, benar – benar tidak menganggu masyarakat sekitar. Jadi sebagai langkah awal, pihaknya akan mengerahkan alat berat excavator atau beko untuk menata sampah berserakan ini.

“Sesuai laporan Kepala DLH, luas lokasi TPA Sei Rengas sekitar dua hektar. Kita akan ajukan penambahan luas lokasi TPA ke pihak PT. BSP sebanyak 8 hektar,” kata Surya.

Untuk memaksimalkan pengelolaan sampah di lokasi TPA Sei Renggas, ia juga meminta kepada Kepala DLH mengajukan anggaran pengadaan alat berat jenis excavator pada APBD Perubahan Asahan 2021 dan segera konsultasi ke kabupaten/kota yang memiliki pengelolaan sampah yang baik untuk dapat diterapkan di Asahan,” papar Surya. (*syahroel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here