Bupati dan Wabup Natuna Sambut Kunjungan Kerja Direktur Utama LPP TVRI  

0
33
BUPATI Natuna Wan Siswandi saat menyerahkan peralatan TV digital pada salah seorang warga

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Bupati Natuna Wan Siswandi dan wakilnya, Rodhial Huda menyambut kunjungan kerja Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (LPP TVRI) Iman Brotoseno. Salah satu rangkaian kunker orang nomor satu di TV Nasional milik pemerintah pusat ini, akan memindahkan siaran TV dari analog menuju digital. Sehingga masyarakat kabupaten kepulauan perbatasan di tengah Asean ini, tidak ketinggalan dengan daerah perkotaan lainnya.

“Selain sosialisasi atas rencana perpindahan ini, kami juga akan menyerahkan bantuan TV digital secara simbolis kepada masyarakat berhak menerima,” kata Iman Brotoseno di Rumah Makan Gerai Ranai saat melakukan kunjungan kerjanya, Senin 9 Mei 2022.

Untuk awal penerapan siaran TV digital, sambung Iman tampak didampingi anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (purn) Sutarman Panjaitan, tidak ada komplain dari masyarakat terkait kebutuhan Set Top Box (STB) atau kesulitan dalam mengaksesnya. Sebab perbedaan antara TV analog dan TV digital hanya di antena.

FOTO bersama

“TV digital semakin canggih, tidak menggunakan antena, melainkan menggunakan kabel jaringan,” katanya sambil menambahkan di Natuna TVRI telah terpasang pemancar berkekuatan 2 kilo.

Bagaimana bagi masyarakat yang tinggalnya di pulau-pulau terpisah lautan dari Kota Ranai? Iman mengatakan tidak ada masalah, karena akan menghubungkan melalui jaringan satelit.

“Tadi, tahap pertama, kita berikan bantuan TV digital kepada seratus masyarakat. Tahap lanjutan, kita minta Pak Bupati memilih masyarakat yang berhak menerimanya sesuai keritria telah ditentukan,” katanya.

Dirut TVRI didampingi Bupati Natuna saat memyerahkan bantuan TV digital secara simbolis

Sejauh ini, menurut Iman, TVRI memiliki sekitar 361 pemancar. Secara jangkauan jauh lebih luas dan sebagian sudah dialihkan ke digital. Jadi ada delapan kabupaten/kota telah menerapkan TV digital antara lain, Dumai, Bengkalis, Meranti, Bali, dan lainnya.

“Sesuai kebijakan pemerintah, penerapan TV analog ke TV digital telah ditetapkan pada 2016 lalu. Namun kita baru mulai sekitar dua tahun ini,” terang Iman.

Fera (40) salah seorang penerima bantuan TV digital mengucapkan terimakasih kepada Dirut TVRI, atas bantuan TV digitalnya. Dengan adanya TV digital ini, semakin memudahkan keluarganya mengakses siaran TVRI.

“Siarannya bagus, sudah saya buka langsung tadi bersama Pak Dirut TVRI dan Pak Komisi I DPR RI. Sangat jernih tidak ada semutnya dilayar TV,” tutup Fera, warga Kelurahan Bandarsyah itu. (*andi surya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here