Bupati Natuna Buka Sosialisasi Simulasi Aplikasi Digital Desa Cerdas dan Anjungan Pelayanan Mandiri

0
338
SAMBUTAN Bupati Natuna Wan Siswandi

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Bupati Natuna Wan Siswandi membuka resmi Sosialisasi Simulasi Aplikasi Digital Desa Cerdas dan Anjungan Pelayanan Mandiri. Pembukaan berlangsung di Gedung Sri Serindit Ranai, Kamis pagi 21 Oktober 2021.

“Aplikasi digitalisasi di setiap desa sangat penting. Karena aplikasi ini mempermudah pemerintah meningkatkan pelayanan kepada masyarakat hingga ke tingkat desa,” sambutan Wan Sis -biasa disapa.

Kemajuan teknologi informasi, sambungnya, harus dimanfaatkan seluruh elemen masyarakat. Desa sebagai ujung tombak pemerintah daerah, tidak terlepas dari beberapa persoalan komunikasi.

Jadi kerjasama dari pihak desa hingga kabupaten harus terus berjalan baik. Sehingga tujuan dari pemerataan pembangunan dapat terwujud hingga ke tingkat desa.

SAMBUTAN Pengembang Aplikasi Digital dari PT Poros Jaya Gemilang, Novriyanto

“Semua data di kabupaten semuanya berasal dari desa. Otomatis peran desa sangat penting dalam pelaksanaan administrasi pemerintahan,” kata Wan Sis.

Sebenarnya, menurut orang nomor satu di kabupaten perbatasan ini, pembinaan desa di Natuna sudah berjalan baik. Hal ini dibuktikan dengan prestasi diraih, salah satu desa sebagai pemenang pertama dalam lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi.

“Saya berharap, pemerintahan desa dapat terus mempelajari penggunaan aplikasi Digital Desa Cerdas dan Anjungan Pelayanan Mandiri. Agar dalam memberi pelayanan pada masyarakatnya semakin maksimal,” kata Wan Sis.

Pengembang Aplikasi Digital dari PT Poros Jaya Gemilang, Novriyanto mengatakan, aplikasi Natuna Digital Desa Cerdas terlahir dari undang-undang tentang desa. Otomatis setiap desa berhak mendapatkan teknologi informasi dan pemerintah berkewajiban mengembangkannya.

BUPATI Natuna Wan Siswandi bersama Ketua Komisi I DPRD Natuna Wan Arismunandar memasuki Gedung Sri Serindit Ranai

“Tujuan pengembangan aplikasi ini, untuk mewujudkan Natuna Digital. Yang berawal dari lahirnya masyarakat cerdas melalui penyajian data valid aktual terkini,” kata Novriyanto.

Sedangkan keberadaan Anjungan Pelayanan Mandiri juga dapat memberikan pelayanan cepat dan tepat kepada masyarakat. Menurutnya, data dihimpun nantinya dapat menjadi pertimbangan dari kabupaten dalam mengembangkan perencanaan pembangunan.

“Kami berharap pihak desa dapat memanfaatkan aplikasi dengan sebaik-sebaiknya. Sehingga berguna membantu masyarakat desanya,” pungkas Novriyanto.

Sementara tampak hadir dalam sosialisasi, Ketua Komisi I DPRD Natuna Wan Arismunandar, Pj Sekda Natuna Boy Wijanarko, Kadis DPMD Natuna Anrizal Zen, sejumlah OPD dan tamu undangan lainnya. (*parman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here