Bupati Natuna Sambut Kunjungan Ketua Komisi I DPR RI

0
368

*Kunjungan memperkuat anggaran Bakamla demi terwujud keamanan Laut Natuna Utara

Kabarterkini.co.id, Natuna – Setelah mendapatkan lawatan Presiden Joko Widodo dan Kemenkopolhukam Mahfud MD beberapa waktu lalu, kini Natuna kembali dikunjungi Ketua Komisi I DPR RI Muetya Viada Hafid beserta rombongannya, Kamis 16 Januari 2020. Agenda kunjungan, memperkuat anggaran Bakamla demi terwujud keamanan Laut Natuna Utara.

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid dalam sambutan mengatakan, sangat mendukungan kebijakan Presiden Jokowi dalam peningkatan patroli laut, demi menjaga keamanan dan wilayah kedaulatan NKRI di kabupaten perbatasan ini.

BUPATI Natuna Abdul Hamid Rizal swafoto

Karena belakangan ini, Laut Natuna Utara ramai diperbincangkan secara nasional, terkait pencurian ikan dan pelanggaran batas wilayah dilakukan kapal nelayan China dengan didampingi kapal penjaga pantainya.

“Sebagai Ketua Komisi I DPR RI, saya akan mengajukan anggaran patroli laut ini. Saya bersama rekan-rekan komisi akan mempelajari regulasi, serta membuat undang-undang keamanan lautnya. Yang jelas kita akan memperkuat Bakamla, termasuk anggarannya,” papar Muetya.

SEKDA Natuna Wan Siswandi dengan Ketua Komisi I DPR RI Meutya Vadia Hafid

Dengan penguatan anggaran, menurutnya, Bakamla akan konsisten melakukan operasi pengamanan laut diwilayah Laut Natuna Utara. Bukan pengamanan bersifat insidentil. “Jadi dalam operasi nanti, tidak menarik armada keamanan laut dari daerah lain. Karena sudah punya anggaran sendiri,” terang Muetya.

Direktur Oprasional Laut Bakamla Laksma TNI Nur Syawal Embun mengatakan armada laut Bakamla akan segera beroperasi penuh di Laut Natuna Utara. Termasuk pengamanan nelayan sedang melaut, bagian dari tugas Bakamla sebagai bentuk pelayanan bagi masyarakat.

SWAFOTO di atas kapal Bakamla

“Terus terang, kondisi terkini, di wilayah ZEE Laut Natuna Utara maupun teritorial NKRI sudah tidak terlihat keberadaan kapal ikan asing. Kami terus memantau, dengan dukungan dari TNI Angkatan Laut dan Angkatan Udara,” pungkasnya. (*humas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here