Cegah Covid-19 Natuna, Wak Yal: Perlu Mobil Lab dan PCR Portable

0
324
SUASANA debat Pilkada Natuna

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Calon Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda dalam debat Pilkada di auditorium RRI Ranai, Jumat malam kemarin, menerangkan cara antisipasi pandemi Covid-19 kedepan, perlu mempersiapkan Mobil Laboratorium PCR dan PCR Portable. Mobil Lab, khusus beroperasi di wilayah daratan Pulau Bunguran Besar. Sedangkan PCR Portable, lebih simple dan praktis di bawa ke pulau-pulau.

“Dengan mempunyai kedua alat itu, kita bisa Swab ke seluruh masyarakat Natuna. Jadi masyarakat tidak perlu datang ke RSUD Natuna. Cukup mereka menunggu, para petugas yang datang ke rumah. Sehingga lebih praktis dan aman dari Covid-19,” ungkap Wak Yal -biasa disapa.

Sementara, informasi diterima, harga Mobil Laboratorium PCR sekitar Rp5 milyar. Sedangkan PCR Portabel sekitar Rp1 miliar. Sebenarnya kedua alat itu, bukan barang baru di Indonesia. Sebab sejumlah daerah, telah menggunakannya.

“Iya, sejumlah perkotaan ada yang mempergunakan kedua alat itu. Hanya saya dengan Pak Wan Sis (sapaan Wan Siswandi) belum bisa berbuat, karena bukan pemimpin Natuna,” terang Wak Yal saat dimintai tanggapan di rumahnya, Jalan Adam Malik, Ranai, Sabtu 14 November 2020.

Seandai di percaya masyarakat menjadi Bupati dan Wakil Bupati Natuna 2021-2024, Wan Sis dan Wak Yal akan segera menyediakan kedua alat pengecek dini Covid-19 ini. Mereka pun tidak hanya berharap dana daerah membelinya, melainkan melobi bantuan pemerintah pusat.

“Terus terang, saya dengan Pak Wan Sis tidak hanya berharap dana APBD membeli kedua alat itu. Kami punya alternatif lain, yaitu melobi pemerintah pusat. Alasannya, Natuna masuk wilayah strategis nasional. Otomatis masyarakat termasuk TNI/Polri harus selalu aman dari Covid-19. Demi kepentingan NKRI di kabupaten perbatasan ini,” pungkas Wak Yal. (*andy surya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here