Danrem 011/Lilawangsa Pimpin Pergantian Lima Pejabat Dandim, Satu dari Corp Pilot Penerbad

0
1059

Kabarterkini.co.id, Lhokseumawe – Danrem 011/Lilawangsa Kolonel (Inf) Sumirating Baskoro memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) lima pejabat Komandan Kodim (Dandim) di jajaran Korem 011/Lilawangsa dan penerimaan warga baru, Kepala Staf Korem 011/Lilawangsa. Sertijab dan Korp Raport dilakukan secara Virtual di masing-masing satuan, Sabtu 8 Agustus 2020.

Dalam Sertijab kali ini berbeda, karena satu dari lima pejabat Dandim baru merupakan pilot Penerbang Angkatan Darat (Penerbad). Selain itu upacara Sertijab para Dandim dan tradisi Korp Raport penerimaan warga baru, pejabat Kasrem 011/Lilawangsa dilakukan secara digital, menyesuaikan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal) demi mencegah pandemi Covid-19.

Sementara lima pejabat Dandim diserahterima, yaitu Dandim 0102/Pidie, dari Letkol (Arm) Wagino, kini menjabat Pabandya-1/Dalkuat PNS Spaban VI/Bin PNS Spersad kepada Letkol (Arh) Teungku Sony Sonata, sebelumnya menjabat Kapok Analis Balaklid Pusintelad.

Dandim 0117/Aceh Tamiang, dari Letkol (Inf) Deki Rayusyah Putra, kini menjabat Pabandya-4/Pam Faskon Spaban VI/Pam Sintelad kepada Letkol (Cpn) Yusuf Adi Puruhita, sebelumnya menjabat Dansatlatsitor Pusdikpenerbad Puspenerbad.

Dandim 0113/Gayo Lues, dari Letkol (Arm) Sugiharto, kini menjabat Pabandya-3/Binjementer Spaban II/Puanter Sterad kepada Letkol (Inf) Yudhi Hendro Prasetyo, sebelumnya menjabat sebagai Dansecata Rindam IM.

Dandim 0106/Aceh Tengah Letkol (Inf) Valyan Tatyunis, kini menjabat Dandim 0119/Bener Meriah kepada Letkol (Inf) Teddy Sofyan, sebelumnya menjabat Danyonif 115/ML Rem 012/TU Kodam IM.

Selain itu, Kolonel (Inf) Sumirating Baskoro menerima laporan Korp Raport warga baru, yaitu Letkol (Czi) M. Ridha Has akan menjabat sebagai Kasrem 011/Lilawangsa, sebelumnya menjabat Dandim 0110/Abdya Rem 012/TU Kodam IM.

Kolonel (Inf) Sumirating Baskoro dalam amanat mengatakan, pergantian maupun alih tugas dan alih jabatan merupakan bagian pembinaan personel dan organisasi TNI AD yang bergerak semakin cepat. Pergantian ini kebijakan pimpinan TNI AD, dalam rangka regenerasi dan tuntutan kebutuhan organisasi, guna mengoptimalkan kemampuan satuan demi mendukung tugas pokok dan Korem 011/Lilawangsa.

Orang nomor satu di Korem 011/Lilawangsa yang lama mengenyam karier di Kopasus itu pun berharap, bahwa sertijab hendaknya disikapi arif dan bijaksana, dengan diikuti tekad kuat untuk memberikan pengabdian terbaik sesuai fungsi, peran dan tugas pokok masing-masing.

“Kepada para pejabat baru dilantik, agar secepatnya beradaptasi dengan lingkungan. Mengingat pembinaan teritorial masing-masing wilayah memiliki karakteristik dan berbagai keragaman serta kemajemukan, baik dari aspek geografi, demografi maupun kondisi sosial masyarakat,” ingatnya.

Oleh karena itu, sambung Sumirating, para Dandim baru agar melakukan tugas-tugas pembinaan kewilayahan dengan sebaik-baiknya. Yang dilandasi rasa kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong-royongan serta semangat persatuan dan kesatuan dalam bingkai Kemanunggalan TNI-Rakyat dan juga sinergitas TNI/Polri, melalui tampilan sosok prajurit disegani, dicintai serta mampu menjadi pengayom dan pelindung rakyat.

“Saat ini Korem 011/Lilawangsa memiliki program Lilawangsa produktif, melalui peran prajurit TNI yang bertugas sebagai Babinsa. Saya berharap dapat mampu mengajak masyarakat untuk produktif dengan memanfaatkan sumber daya alam, dengan tujuan dapat meningkatkan penghasilan ekonomi dalam kesejahteraan masyarakat di desa binaan,” katanya.

Diakhir kegiatan, Sumirating mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pejabat Dandim lama beserta Istri, atas loyalitas, dedikasi dan pengabdiannya selama memangku jabatan Dandim di jajaran Korem 011/Lilawangsa dengan berbagai prestasi dan keberhasilan. Selanjutnya, kepada para Dandim baru, selamat atas kepercayaan dan kehormatan diberikan pimpinan TNI AD, untuk memimpin Kodim di jajaran Korem 011/Lilawangsa.

”Saya mengerti penugasan di satuan kewilayahan bukan mudah. Begitu banyak tantangan, begitu banyak dinamika di lapangan, namun keikhlasan niat tulus dan kemauan keras dapat dilaksanakan dengan baik. Termasuk tentunya para babinsa yang menjadi ujung tombak satuan kewilayahan,” pungkasnya. (*fadhil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here