Era Tatanan New Normal, DPMD Lingga Laksanakan Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten di Sejumlah Kecamatan

0
271
SAAT acara Posyandu Tingkat Kabupaten di Desa Pantai Harapan, Kecamatan Selayar,

Kabarterkini.co.id, Lingga – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lingga melaksanakan Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Lingga. Acara Lomba terselenggara di sejumlah kecamatan se-Lingga, beberapa waktu lalu.

Kepala DPMD Lingga Dody mengatakan, acara Lomba demi mendukung era tatanan New Normal (Kebiasaan Baru) bakal diterapkan Pemerintah Republik Indonesia di tengah wabah virus corona atau Covid19. Karena Posyandu, salah satu sarana memberi kesadaran pada masyarakat atas pentingnya hidup sehat.

“Sejak dahulu, Posyandu selalu memberikan pemahaman masyarakat, bahwa kesehatan bersumber dari masyarakat, dikelola dan diselenggara masyarakat demi kepentingan kesehatan masyarakat sendiri,” terang Dody diruang kerjanya, Rabu 17 Juni 2020. “Jadi Posyandu, wajib memberi kemudahan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar, sehingga mempercepat penurunan angka kèmatian ibu dan bayi.”

Sementara, tujuan utama acara Posyandu Tingkat Kabupaten Lingga, menurutnya, untuk mengevaluasi dan melakukan pembinaan, seperti partisipasi serta kesadaran masyarakat akan pentingnya pemantauan status gizi, cakupan imunisasi pada bayi dan balita.

SAAT Posyandu Tingkat Kabupaten di Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep Selatan

“Permasalahan sering di temui di Posyandu yaitu, rendahnya keinginan masyarakat berkunjung ke acara, masalah imunisasi dan alat timbangan bayi belum lengkap,” terang Dody. “Sedangkan peserta acara di sejumlah kecamatan, adalah kelompok Posyandu desa dan kelurahan se-Lingga.”

Data di terima, acara Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Lingga sudah dilaksanakan di Desa Cempa, Kecamatan Bakong Serumpun, Desa Pantai Harapan, Kecamatan Selayar, Desa Kote, Kecamatan Singkep Pisisir dan Desa Sungai Buluh, Kecamatan Singkep Barat.

Lalu, Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep Selatan, Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Singkep, Desa Linau, Kecamatan Lingga Utara, Desa Pekaka, Kecamatan Lingga Timur, dan Desa Mensanak, Kecamatan Katang Bidare.

Acara Posyandu Tingkat Kabupaten Lingga di sejumlah kecamatan akan dilanjutkan, di Desa Panggak Laut, Kecamatan Lingga, Kelurahan Senayang, Kecamatan Senayang, Desa Pulau Batang, Kecamatan Temiang Pesisir dan Desa Busung Panjang, Kecamatan Posek. (*djoni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here