Hadiri UPI UT Batam, Wabup: Pemkab Natuna Akan MoU dengan UT

0
234
SAMBUTAN Wabup Natuna Ngesti Yuni Suprapti

Kabarterkini.co.id, Batam – Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti menghadiri acara Upacara Penyerahan Ijazah – Universitas Terbuka (UPI-UT) Batam, Kepulauan Riau. Acara UPI-UT terselenggara di Hotel Pasific Palace, Batam, Ahad 2 Februari 2020.

“Saya merasa bangga, 35 mahasiswa mahasiswi asal Natuna mengikuti UPI-UT Batam,” sambutan Ngesti. “Dengan menerima ijazah, hendaknya mereka segera mengembangkan ilmunya demi pembangunan Natuna kedepan.”

Dengan bagusnya pendidikan di UT Batam, menurutnya, Pemerintah Kabupaten Natuna berencana akan melakukan Moratorium of Understunding (MoU/Nota Kesepaham). Supaya tenaga pengajar di TK, SD dan SLTP se-Natuna, yang belum mendapatkan ijazah D IV maupun S1, dapat kuliah di UT Batam.

WABUP Natuna Ngesti Yuni Suparti menerima piagam dari UT Batam

“Data saya terima, sekitar 200 tenaga pengajar di Natuna belum sarjana,” ungkap Ngesti. “Saya berkeinginan ratusan tenaga pengajar di Natuna ini, dapat kuliah di UT Batam.”

Untuk saat ini, sambungnya, Natuna belum mampu memenuhi sistem penjamin mutu internal sekolah. Karena ada dua dari delapan standar Pendidikan Nasional belum terpenuhi, yakni standar Sarana dan Prasarana serta standar Guru Tenaga Kependidikan (GTK).

Jadi perlu upaya peningkatan mutu pendidikan. Salah satu, dengan mensarjanakan seluruh tenaga pengajar se-Natuna. Sedangkan rentang kendali antara Natuna dengan Kota Batam sangat jauh. Yang menjadi kendala tersendiri bagi tenaga pengajar Natuna ingin mengikuti proses pembelajaran di UT Batam.

WABUP Natuna Ngesti Yuni Suprapti foto bersama

Oleh karena itu ia berharap melalui MoU, pihak UT Batam dapat membuka perwakilan di Natuna. Agar Natuna dapat mewujudkan sumber daya tenaga pengajar unggul dan terampil, sebagaimana di kota-kota besar.

“Kami selalu mendukung program Pak Presiden Joko Widodo,” kata Ngesti. “Programnya, peningkatan SDM unggul demi Indonesia Maju, khusus di Natuna, salah satu wilayah perbatasan diujung utara NKRI.”

Sementara acara UPI-UT Batam di ikuti 365 wisudawan dan wisudawati berasal dari tujuh Kabupaten/Kota se-Kepulauan Riau itu, juga dihadiri langsung Rektor UT Indonesia Odjat Darujat, UPPJJ UT Batam Eliyaki Juli, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Hendri Alunan serta para tamu undangan lain. (*iwan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here