Heroik, Nakes Natuna Evakuasi Pasien Covid-19 dari Pulau Terluar Menuju RSUD Natuna

0
113
PARA Nakes Natuna saat evakuasi salah seorang warga asal Serasan dari kapal pompong yang sandar di Pelabuhan Selat Lampa (foto screenshot)

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Sebuah video viral di Natuna, memperlihatkan sejumlah tenaga medis berjibaku mengevakuasi sejumlah warga terkonfirmasi Covid-19 dari kapal kayu kecil (pompong) menuju mobil ambulans akan dirujuk ke RSUD Natuna. Aksi heroik itu terjadi di Pelabuhan Selat Lampa, Selasa malam kemarin.

Video di rekam langsung sopir ambulans yang berasal dari Puskesmas Cemaga, Kecamatan Bunguran Selatan. Kepala Puskesmas Ranai Nazri dihubungi sejumlah awak media mengatakan, satu unit ambulans Puskesmas Ranai dan satu unit ambulans Puskesmas Cemaga tadi malam menjemput dua warga terkonfirmasi Covid-19. Kedua warga berasal dari Kecamatan Serasan.

“Petugas medis dari kedua puskesmas kita perbantukan menjemput dua warga yang datang ke Ranai, menggunakan kapal pompong di Pelabuhan Selat Lampa,” kata Nasri dihubungi sejumlah awak media, Kamis 15 Juli 2021. “Karena kedua warga bergejala, kita rujuk ke RSUD Natuna.”

Sebagaimana diketahui, geografis Natuna yang terdiri dari pulau pulau membuat akses transportasi dan pelayanan kesehatan di beberapa pulau masih sangat minim dan terbatas.

Jadi urusan kesehatan, masyarakat Natuna bertumpu pada RSUD Natuna. Sehingga banyak pasien terkadang berjuang beberapa hari menyeberangi lautan untuk sampai ke RSUD Natuna, berada di Kota Ranai, Ibukota Kabupaten Natuna. (*zaki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here