Instruksi Presiden, Kapolres Kepulauan Anambas Gelar Apel Siaga Penanganan Karhutla

0
279
FOTO bersama usai apel

ANAMBAS, KABARTERKINI.co.id – Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, Kapolres Kepulauan Anambas Cakhyo Dipo Alam menggelar apel Kesiapsiagaan Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Apel di ikuti TNI dan instansi lainnya itu, berlangsung di Lapangan Sulaiman Abdulah, Kelurahan Tarempa, Rabu 24 Februari 2021.

“Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Karhutla merupakan tindak lanjut dari hasil pengarahan Pak Presiden pada Senin kemarin,” sambutan Cakhyo melalui keterangan tertulis. “Upaya pencegahan dengan melibatkan Babinsa, Babinkamtibmas dan kepala desa.”

Dalam mencegah Karhutla, sambungnya, paling terpenting melaksanakan sosialisasi atau edukasi berkesinambungan kepada masyarakat, perusahaan atau korporasi. Yang terutama di wilayah dengan kecenderungan peningkatan hotspot atau titik panas.

“Berdasarkan laporan BMKG 2021, hingga April, sebagian besar wilayah Indonesia diperkirakan masih terdapat curah hujan menengah dan tinggi,” terang Cakhyo. “Badai La Nina masih bertahan hingga semester satu ini dan pada Mei diperkirakan akan menjadi fase transisi dari musim hujan ke musim kemarau.”

Apalagi, menurutnya, saat ini Indonesia tengah menghadapi pandemi Covid-19 dan dibeberapa daerah mengalami bencana banjir serta tanah longsor, namun kewaspadaan terhadap ancaman Karhutla harus diwaspadai. Jadi ia mengajak seluruh elemen masyarakat mencegahnya.

“Penyebab Karhutla, antara lain disebabkan human eror, disengaja maupun tidak sengaja,” ungkap perwira Kepolisian melati dua emas itu. “Jadi kita akan membuat rencana pencegahan dengan bersinergi, sehingga eksekusi lapangan semakin efektif.” (*sarnilam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here