Kapal Cantrang Buat Resah, Nelayan Mengadu ke Bupati Natuna

0
294
BUPATI Natuna Wan Siswandi saat berbincang dengan nelayan Sedanau

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Sejumlah nelayan lokal menyampaikan berbagai persoalan kepada Bupati Natuna Wan Siswandi, saat melaksanakan kunjungan kerja di Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat. Salah satu, soal beroperasinya kapal cantrang di Laut Natuna Utara.

Dengan beroperasinya kapal cantrang itu, nelayan lokal merasa rugikan. Sebab hasil tangkapan mereka turun drastis. Jadi diharap solusi dari Pemerintah Kabupaten Natuna.

“Kemarin kami telah sampaikan ke Pak Wakil Bupati (Rodhial Huda-red). Sekarang kami ingin mendengar solusi dari Pak Bupati pula,” kata Abu, salah seorang nelayan Sedanau di kedai kopi dekat pelabuhan, Senin 28 Juni 2021.

Sambil menyeruput segelas kopi, Wan Sis -biasa disapa- menanggapi keluh kesah nelayan. Ia mempercayakan sepenuhnya masalah ini kepada wakilnya, Rodhial Huda. Namun, ia tidak akan lepas tangan.

“Baik Pak Rodhial maupun saya, itu sama saja. Karena kami selalu bersama-sama menjalankan tugas memimpin daerah ini,” ungkap Wan Sis.

Meskipun Pemkab Natuna tidak memiliki wewenang di laut, terkait cantrang ini, ia bersama wakilnya akan tetap berkoordinasi kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Agar meninjau ulang izin beroperasi kapal cantrang.

“Pak Rodhial sudah bilang, orang Kementerian belum bisa datang ke Natuna. Oleh karena itu, perwakilan nelayan akan kita bawa ke Jakarta berjumpa langsung dengan pihak KKP,” pungkas Sis. (*sonang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here