Fasilitas Kurang Menunjang, Pemerintah Bakal Bangun Puskesmas Baru di Sedanau

0
174
KETUA Komisi I DPRD Natuna Wan Arismunandar saat berbincang pada sejumlah perawat

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Masyarakat Kelurahan Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat mengeluhkan fasilitas penunjang Puskesmas Sedanau. Selain lokasinya sempit, banyak perlengkapan kebutuhan pasien tidak tersedia, salah satu kekosongan isi tabung oksigen.

Padahal di masa wabah pandemi Covid-19, obat-obatan hingga tabung oksigen sangat diperlukan. Jadi masyarakat Sedanau meminta, Pemerintah Kabupaten Natuna membangun puskesmas baru lebih representatif.

“Bangunan Puskesmas Sedanau sudah tidak sesuai dengan jumlah penduduk. Pelayanan kesehatan hanya dokter umum dan perawat. Sedangkan dokter gigi tidak ada,” kata Halimah, nama disamarkan, pada sejumlah awak media di Sedanau, Senin 28 Juni 2021.

PUSKESMAS Sedanau

Ketua Komisi I DPRD Natuna Wan Arismunandar saat dimintai tanggapan mengatakan, tahun depan Pemerintah Kabupaten Natuna akan membangun Puskesmas baru di Sedanau. Anggaran pembangunan dari Dana Alokasi Khusus.

“Ada tiga puskesmas baru akan di bangun di Natuna menggunakan DAK, yakni Puskesmas Bunguran Barat (Sedanau), Puskesmas Bunguran Utara (Kelarik) dan Puskesmas Suak Midai,” papar politisi Partai Nasdem Natuna itu.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Natuna Hikmat Aliansyah saat dikonfirmasi ditempat terpisah mengakui jika kekurangan obat-obatan di Puskesmas Sedanau akibat adanya refocusing anggaran 2020 lalu, imbasnya hingga tahun ini.

KETUA Komisi I DPRD Natuna Wan Arismunandar di Gedung Pertemuan Kantor Camat Bunguran Barat

“Untuk oksigen, biasanya Puskesmas Sedanau isi ulang lewat pengiriman dari Kalimantan atau Tanjungpinang. Kita usahakan, semoga alat isi ulang oksigen di RSUD Natuna bisa cepat fungsikan, sehingga seluruh puskesmas di Natuna bisa isi ulang di Ranai,” kata Hikmat.

“Terkait pembangunan puskesmas sudah keluar di Krisna, semacam aplikasi Bapenas. Ada tiga puskesmas akan dibangun baru. Sesuai ketetapan Kemenkes, jenis bangunan tipe B, dengan kapasitas rawat inap enam tempat tidur,” kata Hikmat lagi. (*zani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here