Kapolres Bersama Sekda Kepulauan Anambas Tinjau Penangkaran Penyu Pulau Pahat

0
190

Kabarterkini.co.id, Anambas – Kapolres Kepulauan Anambas AKBP Cakhyo Dipo Alam bersama Sekda Kepulauan Anambas Sahtiar beserta rombongannya, berkunjung ke Pulau Pahat, Sabtu sore 15 Agustus 2020. Dalam kunjungan itu, para pejabat kabupaten kepulauan perbatasan itu, memantau pusat penangkaran atau konservasi penyu.

Sementara Pulau Pahat merupakan salah satu pulau terluar di Kepulauan Anambas. Selain pulau terluar, keindahan pemandangan bawah laut sangat menjanjikan sebagai tempat wisata. Lalu, ditopang dengan lokasi bertelur penyu hijau dan sisik.

Selama di pulau terluar itu, Cakhyo bersama Sahtiar beserta rombongannya melihat langsung proses konservasi penyu. Dengan melakukan pengamatan hewan-hewan langka itu sedang bertelur pada malam hingga subuh Ahad, dihamparan pasir putih pantai. Pagi hari, bersama petugas konservasi mencari telur penyu untuk dipindahkan ketempat penangkaran.

“Saya lihat dalam satu hari ada ratusan telur penyu dihasilkan. Kemudian dirawat petugas ditempat penangkaran yang dibantu SKK Migas dan Premier Oil Natuna. Sehingga menghasilkan anak-anak penyu atau tukik. Otomatis ekosistem laut tetap terjaga. Ukuran penyu hijau dan sisik di kawasan ini sangat besar, dengan diameter sekitar 60 sentimeter. Tukik-tukik ini terlihat sangat kuat dan gagah ketika dilarung kelaut kelak,” ungkap Cakhyo.

Seusai menyaksikan proses penyu bertelur dan mengambil telur untuk ditempatkan di lokasi penangkaran, Ahad siang Cakhyo dan Sahtiar beserta rombongannya melepaskan sekitar 130 ekor tukik ke laut.

“Saya menghimbau pada masyarakat, agar bersama-sama peduli dan menjaga lingkungan laut. Sehingga ekosistem Kepulauan Anambas tetap terus terjaga,” pungkas perwira Kepolisian melati dua emas itu. (*sarnilam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here