Kembali, Ibukota Kabupaten Perbatasan Krisis Listrik

0
1219
SAAT mesin pembangkit listrik dari Palembang datang ke Kota Ranai pada 24 Juni 2023 lalu

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Beberapa hari terakhir, Kota Ranai, Ibukota Kabupaten Natuna krisis listrik. Akibatnya masyarakat merasa dirugikan. Apalagi pemadaman dilakukan PLN Natuna, bagai tidak terjadwal, dari pagi, siang atau tengah malam. Satu hari bisa tiga hingga empat kali pemadaman.

“Kemarin, dari tengah malam hingga dini hari terjadi pemadaman. Hari ini, entah beberapa kali pula,” kata Sira, warga Jalan HR Soebrantas, Ranai pada KABARTERKINI.co.id, Rabu 26 Juli 2023.

Padahal sebulan lalu, sambungnya, PLN Natuna pernah berjanji tidak akan terjadi pemadaman, jika tiga mesin pembangkit listrik tenaga diesel dari Palembang, Sumatera Selatan telah terpasang atau beroperasi. Nyatanya sebulan berlalu, kembali terjadi krisis listrik.

“Kalau tidak salah, tiga mesin dari Palembang datang ke ibukota kabupaten perbatasan ini pada 24 Juni lalu. Ketiga mesin didatangkan, dengan alasan menggantikan mesin pembangkit listrik PLN yang mengalami kerusakan. Mesin datang dan terpasang, tetap terjadi pemadaman bergilir,” kata Iwan, warga Sual lainnya.

Yang menjadi keanehan, menurut Tokoh Pemuda Sual itu, dalam satu hari terjadi pemadaman sebanyak tiga atau empat kali. Pemadaman tidak mengenal waktu, mau pagi, siang, tengah malam hingga dini hari.

“Ketika terjadi pemadaman tidak terjadwal, jelas masyarakat sangat dirugikan, sebab peralatan elektronik rawan rusak. Kita tidak tahu, kapan pemadaman listrik bergilir ini, akan berhenti,” kata Iwan.

Manager PLN Natuna Boni Sofianto saat di konfirmasi melalui pesan WhatsApp belum membaca, karena masih ceklis satu alias tidak online. Namun sebulan lalu, ia berjanji saat ketiga mesin pembangkit dari Palembang sudah dioperasikan, tidak akan terjadi lagi pemadaman listrik bergilir di Kota Ranai.

“Ketiga mesin dari Palembang, masing-masing berkapasitas 400 Kilo Volt Amper (KVA). Sehingga kapasitas keseluruhan menjadi 1,2 Mega Watt,” kata Boni pada sejumlah awak media sebulan lalu. (*andi surya)

Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari KABARTERKINI.co.id. Ayo bergabung di Facebook dan Instagram KABARTERKINI.co.id, atau klik link https://www.kabarterkini.co.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini