Ketua PJMI Kepri Minta Pemda dan Instansi Plat Merah Objektif Mengakomodir Kerjasama Publikasi

0
1077
FOTO istimewa

BATAM, KABARTERKINI.co.id – Organisasi Persaudaraan Jurnalis Muslim Indonesia (PJMI) Provinsi Kepri meminta kerjasama publikasi antara media dengan pemerintah daerah serta instansi plat merah lainnya dilakukan secara objektif.

“Kerjasama publikasi antara instansi pemerintah dengan media sebenarnya cukup penting untuk mempromosikan potensi daerah agar dikenal lebih luas, mempromosikan program kepala daerah, serta menjaga stabilitas dalam pemerintahan,” kata Ketua PJMI Kepri Ifanko Putra pada awak media, Rabu 28 Februari 2024.

Kendati demikian, menurut Ifan, pengaplikasian kerjasama publikasi tidak boleh dilakukan serampangan, karena ini menggunakan uang negara. Apalagi penggunaan anggaran, jangan seolah-olah milik pimpinan maupun oknum petinggi di instansi tersebut.

“Anggaran publikasi adalah uang negara alias uang masyarakat, bukan uang pribadi pimpinan,” katanya sambil menambahkan, instansi yang membidangi dan menyalurkan anggaran kerjasama itu harus bisa berlaku objektif, bukan karena ada unsur tertentu yang dikhawatirkan berpotensi bermasalah di kemudian hari.

“Objektif dalam artian mampu memilah media yang memiliki kapasitas dan legalitas lengkap dalam menjalin kerjasama. Jangan sampai hanya mengandalkan kedekatan atau kesepakatan di balik meja, media yang tidak jelas pun diakomodir. Tetapi jangan pula dipersulit dengan alasan yang tidak masuk akal,” tegas Ifan.

Sementara PJMI Kepri, sambungnya, mendapatkan informasi terjadi peningkatan nilai anggaran publikasi di sejumlah instansi pemerintah daerah. Hal ini diperkirakan karena tahun politik.

“Itu hak pemerintah dan juga kabar baik bagi media. Tetapi tentu harus sesuai dengan aturan main dan tupoksinya. Jangan sampai anggaran ini disalahgunakan dengan cara tidak benar,” pesannya.

PJMI Kepri, papar Ifan, akan terus melakukan pengawasan. Sehingga diharapkan terjalin sinergitas yang sehat antara instansi pemerintah dengan media. Bagaimana pun juga, fungsi media yang sebenarnya sebagai kontrol sosial harus tetap berjalan. (*red)

Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari KABARTERKINI.co.id. Ayo bergabung di Facebook dan Instagram KABARTERKINI.co.id, atau klik link https://www.kabarterkini.co.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini