
JAKARTA, KABARTERKINI.co.id – Inovasi PT PLN (Persero) memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan melalui aplikasi PLN Mobile disambut antusiasme tinggi. Pada momen pergantian tahun, tercatat lebih dari 16,2 juta pengguna yang terdaftar pada superapps PLN Mobile dengan tingkat kepuasan 4,4 dari skala 5.
Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi menyampaikan, capaian ini melampaui target dicanangkan perseroan, yaitu 15 juta pengguna hingga akhir 2021. “Pencapaian ini menjadi bukti bahwa kehadiran PLN Mobile sebagai platform digital unggulan berhasil memenuhi ekspektasi pelanggan,” ujar Agung melalui keterangan tertulis, Sabtu 8 Januari 2022.
Superapps diluncurkan pada 18 Desember 2020 lalu, menurutnya, salah satu terobosan penting dalam bisnis model PLN saat ini. PLN Mobile menjawab tantangan zaman yang menuntut kecepatan, kemudahan dan efisiensi dalam genggaman tangan pelanggan. “Tidak hanya sekadar aplikasi, melalui PLN Mobile, kami ingin memberikan pengalaman baru bagi pelanggan,” kata Agung.
Aplikasi PLN Mobile, sambungnya, merupakan bagian dari transformasi yang PLN lakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Saat ini, PLN Mobile memiliki beberapa fitur utama, yaitu pembelian token bagi pelanggan pra bayar, pembayaran tagihan listrik bagi pelanggan paska bayar, monitor penggunaan listrik dan pembelian token. “Hanya di New PLN Mobile ada fitur token listrik senilai Rp5000 saja,” imbuhnya.
Tentunya PLN Mobile juga hadir dalam kemudahan transaksi untuk pembayaran tagihan dan pembelian token listrik yang bekerja sama dengan beberapa Bank dan Fintech. Selain itu, papar Agung, aplikasi ini memungkinkan pelanggan mengajukan layanan ubah daya, swadaya catat angka meter (Swacam), serta layanan pengaduan pelanggan.
“PLN Mobile bisa menjadi alat komunikasi PLN dengan pelanggannya. Saat mengajukan pengaduan, pelanggan akan mendapatkan informasi progres penyelesaiannya,” tutur Agung.
Lewat PLN Mobile, ungkapnya, pelanggan bisa mendapatkan pemberitahuan apabila akan diadakan pemadaman terencana, seperti proses pemeliharaan. PLN ingin semua kebutuhan pelanggan terkait kelistrikan bisa diakses lewat PLN Mobile.
Tidak hanya itu, PLN Mobile kini dilengkapi dengan Charge.IN melalui fitur SPKLU untuk mengetahui lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) terdekat. Fitur ini bisa mengontrol dan memonitor proses pengisian baterai kendaraan listrik di SPKLU.
Selain integrasi Charge.IN, PLN Mobile diperkuat dengan fitur ListriQu. Pada ListriQu, PLN memberikan layanan bagi pelanggan jika terjadi keluhan pada instalasi listrik milik pelanggan.
Pelanggan dengan mudah dan cepat dapat meminta bantuan petugas PLN untuk memperbaiki instalasi listrik dalam rumah. “Fitur ini menjadi salah satu terobosan PLN meningkatkan customer experience,” pungkas Agung. (*red)