Logistik Pemilu Tahap Dua, Ketua KPU: Tidak Lama Lagi Tiba di Natuna 

0
326
KETUA KPU Natuna Kusnaidi (dok. istimewa)

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Natuna Kusnaidi, mengatakan, logistik Pemilu tahap dua tidak lama lagi akan tiba di Ranai, Natuna dari Tanjunguban, Bintan. Pengangkutan logistik itu, menggunakan KMP Bahtera Nusantara (RoRo) pada Rabu 27 Desember 2023. Diperkirakan akan tiba di Pelabuhan Penagi, Ranai pada Kamis 29 Desember 2023.

“Sebenarnya, logistik Pemilu tahap dua akan dikirim pada Jumat 22 Desember 2023. Namun dibatalkan karena terkendala cuaca,” kata Kusnaidi pada sejumlah awak media di ruang kerjanya, Kamis 28 Desember 2023.

“Tadi kami sudah koordinasi dengan Pak Kapolres terkait rencana kedatangan logistik pemilu tahap dua ini. Kalau sudah tiba langsung kita angkut ke gudang,” katanya lagi.

Adapun logistik Pemilu yang akan dikirim dari Provinsi Kepri melalui Kabupaten Bintan, menurut Kusnaidi, diantaranya, Surat Suara, Daftar Calon Tetap (DCT) DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten, hingga Daftar Calon Presiden dan Wakil Presiden.

“Surat suara untuk ke lima pemilihan tersebut berjumlah 58.764 surat suara. Hal ini sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap atau DPT Natuna sebanyak 57.504 dan ditambah 2 persen,” katanya.

Setelah sampai di Natuna, ulang Kusnaidi, akan langsung diamankan di gudang logistik. Kemudian akan dilakukan penyortiran dan pelipatan surat suara pada Januari mendatang.

Untuk proses penyortiran dan pelipatan, lanjut Kusnaidi, akan membutuhkan tenaga pembantu kurang lebih 40 orang. Dengan estimasi waktu sekitar 10 hari.

“Terkait pendistribusian logistik, baik pusat maupun provinsi, mereka memang sudah minta mitigasi dari kami supaya dikirim ke daerah yang terjauh dulu,” pungkasnya.

Sementara di Natuna, ada 6 pulau yang menjadi perhatian KPU, yakni Kecamatan Pulau Laut, Pulau Subi, Pulau Panjang, Serasan, Midai dan Pulau Seluan.

Kendati demikian, Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Natuna menyarankan agar mendahulukan pendistribusian ke Pulau Laut. Sebab, saat pengiriman logistik kesana akan menghadapi cuaca lebih ekstrem. (*red)

Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari KABARTERKINI.co.id. Ayo bergabung di Facebook dan Instagram KABARTERKINI.co.id, atau klik link https://www.kabarterkini.co.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini