Pemprov Kepri KSO dengan PLN, Kembali Tiga Pulau di Kota Batam Dialiri Listrik

0
243
SECARA simbolis Gubernur menghidupkan listrik di salah satu rumah warga

BATAM, KABARTERKINI.co.id РGubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad kembali melanjutkan programnya dalam mewujudkan, Kepri Terang. Melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kepri, ia memberi bantuan mesin genset beserta jaringan listrik di tiga pulau di Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam, yakni Pulau Lengkang, Pulau Gare dan Pulau Labon.

“Jumlah rumah tangga di tiga pulau yang terlayani listrik dari pemakaian genset ini sebanyak 296 KK. Program Kepri Terang memang telah kita gagas. Maka sekarang saya sedang gencar melengkapi kebutuhan dasar masyarakat terutama listrik,” kata Ansar saat meresmikan pemakaian genset dan jaringan listrik dipusatkan di Pulau Lengkang, Senin 15 November 2021.

Sementara pemenuhan listrik di tiga pulau ini, sambungnya, melalui Dinas ESDM Kepri, menggunakan APBD 2021. Program ini lanjutan 2020. Dengan rincian di Pulau Lengkang, genset kapasitas 100 kVA dengan jaringan berjumlah 185 rumah tangga, di Pulau Gare, genset kapasitas 50 kVA dengan jaringan berjumlah 68 rumah tangga, serta Pulau Labon, genset kapasitas 20 kVA dengan jaringan berjumlah 43 rumah tangga.

“Kedepan, operasional genset dan jaringan listrik dikelola Pemprov Kepri bekerjasama dengan PLN dalam bentuk Kerja Sama Operasional (KSO). Jika sudah di KSO dengan PLN, biasanya listrik dapat beroperasi selama 14 jam dari yang sekarang hanya 6 jam. Dari segi biaya pasti lebih murah. Nantinya pembiayaan penyambungan baru akan diupayakan melalui dana CSR,” ungkap Ansar.

Dengan program Kepri Terang, menurutnya, sudah ribuan rumah tangga teraliri listrik di seluruh Kepri. Selain itu, pada 2022, Pemprov Kepri telah menganggarkan Rp3 miliar untuk mengaliri listrik di delapan pulau, dengan penduduk terbesar di Batam. PLN akan membantu di tiga pulau.

“Total 11 pulau akan di KSO kan dengan PLN. Harapan kita adalah semua pulau dapat terlayani listrik PLN, supaya pembiayaan lebih murah dan pelayanan lebih baik. Saya berjanji akan selalu memperhatikan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat Kepri. Saya berharap jika kebutuhan dasar, utamanya listrik sudah baik, maka masyarakat dapat melakukan aktivitas ekonomi dan anak-anak dapat belajar lebih baik,” papar Ansar.

Sekretaris Camat Belakang Padang, Hanafi melaporkan di kecamatannya, terdapat 6 Kelurahan dan 166 pulau. Dari 166 pulau, sebanyak 44 pulau berpenghuni. “Khusus di Pulau Lengkang ini Pak Gubernur, terdapat 185 KK atau sekitar 700 jiwa,” lapornya. (*juwono)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here