Provinsi Khusus, Natuna – Anambas Bakal Jadi Mesin Keuangan Indonesia di Tengah Asean

0
1217
FOTO istimewa

Catatan: Andi Surya

PEMERINTAH Republik Indonesia harus segera menetapkan Natuna – Anambas menjadi provinsi baru. Namun penetapan provinsi baru dua kabupaten kepulauan perbatasan di tengah negara Asean ini, bukan provinsi biasa, melainkan provinsi khusus.

Dengan penetapan provinsi khusus, pemerintah tidak perlu mengikuti persyaratan jumlah penduduk atau jumlah kabupaten/kota, sesuai undang-undang pemekaran. Alasan pemekaran provinsi kepulauan ini, demi pengembangan ekonomi baru, serta memperkuat pertahanan dan keamanan Indonesia di tengah Negara Asean.

Mengingat Natuna – Anambas berada di jalur pelayaran serta penerbangan internasional dan berbatasan langsung dengan Negara Filipina, Brunei Darussalam, Malaysia Timur, Indonesia, Singapura, Malaysia Barat, Kamboja, Vietnam dan China.

Selain letaknya strategis, Natuna – Anambas kaya sumber daya minyak, gas, perikanan serta lokasi wisata. Jika potensi-potensi ini tidak dimanfaatkan dengan bijak, jelas Pemerintah Republik Indonesia akan terus merugi.

Jika dimanfaatkan, Indonesia bisa membangun Pelabuhan dan Bandara Internasional. Sehingga kapal- kapal laut dan pesawat terbang luar negeri yang jumlahnya ratusan setiap hari melintas, bisa singgah mengisi logistik dan sebagainya.

Otomatis keuntungan dari persinggahan itu, akan menjadi pendapatan baru bagi kas negara. Lalu, pertahanan dan keamanan Laut Natuna Utara, berbatasan langsung Laut China Selatan semakin aman. Bakal tidak pernah terdengar lagi, pencurian ikan atau illegal fishing di lakukan kapal ikan asing di wilayah ZEE Indonesia itu.

Sementara Provinsi Khusus Natuna – Anambas, atau Otonomi Khusus Provinsi Natuna – Anambas atau mengikuti nama dikenal sejak dahulu, Otonomi Khusus Provinsi Pulau Tujuh, pemerintahannya dapat mencari anggaran pembangunan dengan negara tetangga, sesuai kewenangan diberikan Pemerintah Republik Indonesia.

Kedepan, Otonomi Khusus Provinsi Natuna – Anambas atau Otonomi Khusus Provinsi Pulau Tujuh, akan menjadi sebuah provinsi yang akan memberi sumbangan besar bagi APBN. Provinsi yang mampu berdiri sendiri, tanpa terus tergantung keuangannya kepada Pemerintah Republik Indonesia. ****

Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari KABARTERKINI.co.id. Ayo bergabung di Facebook dan Instagram KABARTERKINI.co.id, atau klik link https://www.kabarterkini.co.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini