Sarankan Warga Dirawat Isoter, Kapolri: Kurangi Risiko Penyebaran dan Fatalitas

0
143
KAPOLRI Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo (foto istimewa)

PEKANBARU, KABARTERKINI.co.id – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melalui keterangan tertulis mengimbau kepada warga yang terpapar Covid-19, khusus dengan riwayat komorbid untuk menjalani perawatan di lokasi isolasi terpusat (isoter). Sehingga warga terpapar mendapatkan pelayanan kesehatan maksimal.

“Nanti para dokter atau tenaga kesehatan dapat memantau kondisi warga terpapar itu. Otomatis mengurangi risiko fatalitas,” kata Sigit saat meninjau lokasi isoter di Asrama Haji Pekanbaru, Privinsi Riau, Kamis 24 Februari 2022.

Selain yang memiliki riwayat komorbid, warga terpapar tidak memiliki sarana dan prasarana isolasi mandiri, agar dirawat secara isoter. Mengingat ada aturan dan standar isolasi mandiri.

“Isolasi mandiri harus memenuhi syarat, seperti kamar mandi dan kamar tidur terpisah dari yang tidak sakit. Kalau tidak memiliki syarat-syarat standar ini, lebih baik dirawat isoter,” kata Sigit.

Khusus di wilayah Riau, mantan Kabareskrim Polri itu mengaku mendapatkan laporan, telah disediakan 41 lokasi isoter dengan tingkat BOR sebesar 9,25% atau berkapasitas 1.697 tempat tidur. Saat ini sudah terpakai 157 tempat tidur, tersisa 1.540 tempat tidur.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Riau yang sudah menyiapkan lokasi isoter. Lokasi ini sangat bagus bagi warga terpapar Covid-19 varian baru Omicron,” kata Sigit.

Isoter, menurut mantan Kapolda Banten itu, sebagai lokasi menghambat laju penyebaran Covid-19. Mengingat, dari data diterima, tingkat positivity rate di Riau saat ini mengalami peningkatan dari sebelumnya.

“Meski pun mengalami peningkatan, seluruh warga Riau tetap tenang atau tidak panik. Harus disiplin dalam penetapan protokol kesehatan (prokes),” kata Sigit.

Tidak hanya prokes, sarannya, upaya lain, dengan melakukan akselerasi percepatan vaksinasi. Oleh karena itu, diminta pada warga melakukan vaksinasi dosis satu atau dua, serta dosis ketiga atau booster, apabila memang sudah waktunya.

“Manfaat vaksinasi meningkatkan imun seseorang dalam menghadapi varian baru atau varian lainnya. Sedangkan lokasi isoter, memberikan perawatan lebih baik dari pada isolasi mandiri,” pungkasnya. (*andi surya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here