Tanam Terumbu Karang Teluk Buton, Bupati Apresiasi Program Kerja Komunitas JBN

0
244
BUPATI Natuna Wan Siswandi (tengah) saat menerima cendra mata dari komunitas JBN

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Bupati Natuna Wan Siswandi mengapresiasi program kerja komunitas Jelajah Bahari Natuna (JBN). Karena program kerjanya, menanam terumbu karang di perairan Desa Teluk Buton, Kecamatan Bunguran Utara.

“Keberadaan terumbu karang sangat penting bagi kehidupan biota laut, seperti ikan, sotong, ketam, udang dan sebagainya. Jika kita pelihara dengan baik, imbal balik sangat menguntungkan masyarakat, khususnya berprofesi sebagai nelayan,” sambutan Wan Sis -biasa disapa- saat membuka acara, Sabtu 14 Agustus 2021.

Selain menjaga biota laut, sambungnya, keberadaan terumbu dapat dijadikan objek wisata penyelaman. Mengingat wisatawan mancanegara sangat suka lokasi objek wisata alami, termasuk terumbu karang dengan keindahannya.

“Kita harus mengakui, sebagian terumbu karang di wilayah Natuna sudah dirusak oleh tangan oknum-oknum tidak bertanggungjawab. Ketika ada sekolompok masyarakat kembali merawat dan menanamnya, saya atas nama Pemerintah Kabupaten Natuna mengucapkan terimakasih,” kata mantan Sekda Natuna itu.

Komunitas JBN, menurut Wan Sis, bakal meninggal kenangan indah bagi generasi akan datang. Sebab tumbuhnya terumbu karang tidak sekejap mata, melainkan perlu belasan atau puluhan tahun lamanya.

‘Memang kegiatan ini tidak nampak, karena terumbu karang ditanam di dasar laut. Tapi harus di ingat, amal jariyah akan terus tercatat, terumbu karang itu, akan menghidupkan biota laut hingga anak cucu kita kedepan,” pungkasnya. (*sonang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here