Tes GeNose C19, GM BUBU Hang Nadim Batam: Calon Penumpang Harus Isi Data Melalui Aplikasi

0
809
PARA pegawai Bandara yang akan melayani tes GeNose C19

BATAM, KABARTERKINI.co.id – Terbitnya Surat Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Nomor AU/201/9/4/DJPU.DERP-2021 pada 7 April 2021 tentang Pelaksanaan GeNose C19 di Bandara. Sehingga Bandara Internasional Hang Nadim Batam telah menerapkan GeNose C19 pada penumpang dimulai sejak Kamis 8 April 2021.

General Manager (GM) BUBU Hang Nadim Batam Benny Syahroni mengatakan, calon penumpang dapat melakukan tes GeNose C19 di terminal keberangkatan dengan biaya lebih terjangkau, yakni Rp40 ribu. Dengan masa berlaku pada saat sebelum keberangkatan sesuai Surat Edaran Nomor 12 tahun 2021 tentang Perjalanan Orang Dalam Negeri di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Pelaksanaan tes GeNose C19 dan peralatannya disediakan dan dilakukan Rumah Sakit BP Batam. Namun demikian, jumlah alat tes GeNose C19 di Bandara Hang Nadim Batam masih terbatas dan baru tersedia 6 bilik,” kata Benny.

Bagi calon penumpang ingin memanfaatkan tes GeNose C19, sarannya, harus melakukan pendaftaran secara online terlebih dahulu melalui aplikasi dengan link https://genose.15innovate.com/. Jadi calon penumpang akan mengisi data diperlukan dalam aplikasi, serta melampirkan tiket pesawat keberangkatan.

Sementara cara mengisi data terdapat pada link dan beberapa ketentuan lain, sebagai berikut:

1. Calon penumpang mengisi identitas berupa nomor NIK/Paspor, Nama, e-mail, nomor HP, nama maskapai akan digunakan, nomor penerbangan, tanggal, serta jam penerbangan.

2. Setelah mendaftar, calon penumpang akan mendapatkan nomor antrian, tanggal dan waktu tes.

3. Calon penumpang wajib menyertakan KTP dan tiket pesawat saat validasi data.

4. Tes GeNose C19 diberlakukan sesuai dengan hari dan jadwal keberangkatan calon penumpang.

5. Waktu layanan tes GeNose dimulai pukul 06.00-18.00 WIB.

6. Diharapkan kedatangan calon penumpang 3-4 jam sebelum keberangkatan.

“Perlu kami sampaikan juga bahwa tes GeNose C19, merupakan sebuah alternatif tes Covid-19, selain Antigen dan PCR yang berlaku saat ini sesuai ketentuan pemerintah,” terang Benny. (*herbin/rud/humas bp batam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here