Taman Baca Ribka Gelar Pelatihan Menulis bagi Pelajar SLTP dan SLTA

0
331

BATAM, KABARTERKINI.co.id – Taman Baca Ribka, Kavling Baru, Kelurahan Sungai Langkai, Kecamatan Sagulung menggelar pelatihan menulis bagi pelajar tingkat SLTP dan SLTA. Pelatihan berlangsung, Sabtu 10 April 2021.

Dalam acara diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya, doa bersama, dilanjutkan dengan game interaktif yang dibuat Al Hilal, sebagai narasumber dalam pelatihan lomba menulis. Usai games interaktif, masuk materi literasi keuangan.

Yang mengajarkan anak-anak untuk bisa mengelola keuangan sejak dini. Dalam materi keuangan ini disampaikan Mohammad Nugraha Reza, salah seorang dosen di universitas swasta di Kota Batam.

“Edukasi tentang literasi keuangan sejak dini sangat penting. Supaya anak-anak bisa menjadi bijaksana, ketika berhadapan dengan uang,” ungkap Reza.

Sesi berikutnya, motivasi menulis, dipaparkan Al Hilal. Materi ini dilakukan untuk menanamkan minat menulis bagi para pelajar. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan ke depan bisa dibagikan bagi masyarakat luas melalui tulisan.

“Saya pernah mengikuti perlombaan menulis yang akhirnya menciptakan banyak karya. Dari tulisan itu, saya jadikan buku, sehingga bermanfaat bagi orang lain,” ujar Hilal.

Dalam pelatihan, para peserta diminta menulis sebuah puisi dengan tema, ibu dalam selembar kertas yang dibagikan panitia.

“Kemungkin bagi anak-anak belum pernah ikut lomba menulis, tentu merasa sulit. Namun bila dibiasakan maka menulis akan menjadi hal mudah. Harapan ini mendasari dibuatnya pelatihan,” ucap Hilal lagi.

Sementara Taman Baca Ribka dikelola Sabam Hutagaol bersama istrinya Mintalit Imelda Ginting. Taman ini diharap bisa menciptakan penulis-penulis handal dan profesional pada era digital.

“Dari pada menghabiskan waktu sia-sia, semoga dengan adanya kegiatan lomba menulis seperti ini bisa jadi alternatif bagi para pelajar mengisi waktu luang. Karena itu, saya bersama istri bekerja keras mengelola Taman Baca Ribka ini secara mandiri,” kata Sabam. (*simanungkalit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here