Tingkatkan Literasi, Sandra: Mari Manfaatkan Teknologi Digital

0
1021
ARIA Sandra, Guru Bahasa Indonesia SMPN 2 Bunguran Timur

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Buku merupakan karya tulis yang dapat menambah ilmu pengetahuan dengan konsep dibaca. Dengan terus meningkatkan minat baca dan menjadikan sebuah budaya, otomatis serapan pengetahuan seseorang akan bertambah dengan sendirinya.

“Dengan membaca, kita telah mempersiapkan pondasi dalam ilmu pengetahuan. Pondasi ini kekuatan dasar seseorang berliterasi dalam membangun moral serta peradaban di masa akan datang,” kata Aria Sandra melalui pesan tertulisnya, Rabu 18 Oktober 2023.

Literasi, menurut Sandra, memupuk kemampuan dan keterampilan seseorang dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah. Sehingga mereka mempunyai keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

ARIA Sandra (tengah) saat berfoto bersama sejumlah muridnya

“Kini, kita ingin mengasah literasi atau mendapatkan ilmu pengetahuan, tidak perlu bersusah payah membawa fisik buku. Sebab kecanggihan dunia teknologi, seseorang bisa membaca atau mengakses melalui smartphone atau ponsel,” kata Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 2 Bunguran Timur itu.

“Dengan smartphone di genggaman, kita bisa mengakses dunia. Kecanggihan teknologi ini, harus kita manfaatkan dengan benar. Sebagai seorang guru, saya selalu mengajak anak didik memanfaatkan teknologi demi mengasah literasi seluas-luasnya,” kata Sandra.

Namun tidak lupa, istri Kasi Humas Polres Natuna Aipda David Arviad itu, mengingatkan anak didiknya agar memanfaatkan dunia teknologi, demi menambah wawasan dalam ilmu pengetahuan, alias bersifat positif. Jangan pernah memanfaatkan teknologi digital dengan mengakses hal-hal negatif.

“Era digital bagai dua sisi mata uang, bisa mengarah ke positif atau negatif secepatnya. Sebagai orang tua, kita harus selalu mengawasi anak-anak, saat mereka sedang mengakses internet. Pastikan mereka mengakses hal-hal positif,” kata Sandra mengakhiri. (*andi surya)

Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari KABARTERKINI.co.id. Ayo bergabung di Facebook dan Instagram KABARTERKINI.co.id, atau klik link https://www.kabarterkini.co.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini