Waspada! Tiang Penyangga Pelabuhan Kecamatan Ungar Hampir Tumbang

0
508
KONDISI tiang penyangga Pelabuhan Kecamatan Ungar

KARIMUN, KABARTERKINI.co.id – Tiang penyangga Pelabuhan Gerbang Laut Kecamatan Ungar hampir tumbang di terjang gelombang pasang, Ahad sore 16 Januari kemarin. Informasi di himpun, pelabuhan aset Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) itu di bangun pada 2013 silam.

“Pelabuhan itu sudah cukup lama dibangun. Jadi sudah selayaknya dibangun baru,” kata Tokoh Masyarakat Kecamatan Ungar Gani pada KABARTERKINI.co.id, Senin 17 Januari 2022.

Sementara, sambungnya, pelabuhan tempat penyeberangan penumpang ini, dialihkan ke pelabuhan bongkar muat barang. Karena sangat riskan dioperasikan pelabuhannya, bakal mengancam keselamatan penumpang.

“Posisi pelabuhan tua itu, berhadapan langsung laut lepas, bukan berada di selat. Otomatis tidak tahan menghadapi gelombang pasang, terutama di akhir atau awal tahun,” kata Gani.

Tidak lupa, ia meminta kepada Pemerintah Provinsi Kepri dan Pemerintah Kabupaten Karimun, agar membangun kembali pelabuhan penumpang itu. Mengingat letaknya berhadapan laut luas, saat membangun kembali harus memperhatikan kedalaman tiang penyangganya.

Camat Ungar Suzandra saat dikonfirmasi via ponsel mengatakan, hampir tumbangnya tiang penyangga Pelabuhan Kecamatan Ungar sudah dilaporkan kepada Bupati Karimun Aunur Rafiq dan Dinas Perhubungan Karimun serta Pemerintah Provinsi Kepri. Laporan ke provinsi, karena pelabuhan itu masih aset mereka.

“Sebulan lalu, Dinas Perhubungan Kepri telah melakukan peninjauan kondisi pelabuhan. Tapi belum dilakukan perbaikan atau perawatan, pelabuhan penumpang itu, tiang penyangganya sudah mau tumbang,” kata Suzandra mengakhiri. (*iwan)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here