Workshop Penguatan TBM, Kadisdik Natuna: Tetap Semangat Ajak Masyarakat Membaca

0
105
SAMBUTAN Kadisdik Natuna Suherman

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Natuna Suherman mengucapkan terimakasih kepada para pegiat literasi di Natuna. Hal ini disampaikannya dihadapan puluhan pegiat literasi saat memberikan materi pada acara Workshop Penguatan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Natuna.

“Keberadaan TBM mendorong masyarakat meningkatkan budaya membaca. Padahal itu bukan hal mudah. Namun para pegiat literasi tetap bersemangat dan tidak mudah menyerah mengajak masyarakat membaca,” kata Herman.

Muhammad Faisal sebagai Pendamping dan Pemantau kegiatan mengatakan, kegiatan Workshop Penguatan TBM di SKB merupakan kegiatan dari Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Kemendikbud Ristek RI.

SAMBUTAN Sekretaris Disdik Natuna Muhammad Faisal

“Alhamdulillah, SKB Natuna terpilih dari 30 SKB se-Indonesia. Gelombang 1 dilaksanakan secara serentak hari ini,” ujar Sekretaris Dinas Pendidikan Natuna itu.

Menurutnya, kegiatan ini dilaksanakan dari 16 Agustus hingga 18 Agustus 2021. Yang diikuti 30 peserta dari SKB, PKBM, pengelola TBM dan Dinas Pendidikan Natuna.

“Tujuan kegiatan, mensosialisasikan kebijakan pendidikan keaksaraan dan budaya baca atau literasi kepada seluruh pengelola TBM atau pegiat di wilayah kabupaten dan kota di Indonesia,” terang Faisal.

SEJUMLAH para peserta kegiatan

Selain itu, sambungnya, kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan semangat dan kreativitas pengembangan kegiatan literasi masyarakat melalui TBM. Membangun jejaring kerjasama dan komunitas antar pengelola TBM di tingkat kabupaten dan
kota, agar terbentuk komunitas literasi saling memberdayakan.

“Kegiatan dilaksanakan secara tatap muka dan daring. Sebagai narasumber, Kepala Dinas Pendidikan Kepri Cecep Surya, Koordinator Fungsi Keaksaraan dan Budaya Baca Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Opik, dan Ketua umum Forum TBM, Rika Mulyati M.Faisal,” pungkasnya. (*iwan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here