Bupati Buka Pelatihan Potensi SAR Natuna  

0
250
BUPATI sematkan tanda pelatihan

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal membuka secara resmi pelatihan Potensi SAR Natuna, dengan kegiatan Water Rescue atau Pertolongan di Permukaan Air. Acara berlangsung di aula Natuna Hotel, Ranai, Senin pagi 26 Oktober kemarin.

“Pemerintah Kabupaten Natuna sangat mendukung setiap kegiatan atau program kerja dilaksanakan Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP/Basarnas) Natuna. Karena terdapat beberapa aspek partisipasi aktif Potensi SAR, antara lain, kesiapsiagaan sosial masyarakat memberi rasa aman di sektor pariwisata dan transportasi,” sambutan Hamid.

Oleh karena itu, menurutnya, peran serta Potensi SAR dapat terlihat dari keikutsertaan ketika terjadi kecelakaan pelayaran, penerbangan, bencana maupun kondisi membahayakan lainnya.

“Eksistensi Potensi SAR dalam meningkatkan kualitas, sekaligus memberikan pelayanan dengan sinergi kepada unit pelaksana lain, khusus dalam pencarian dan pertolongan,” ungkap Hamid.

Kepala KPP Natuna Mexianus Bekabel dalam laporan mengatakan, tujuan dilaksanakan pelatihan Potensi SAR Natuna, demi membentuk potensi pencarian dan pertolongan memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang teknis-teknis diatas permukaan air, pantauan dan evaluasi terhadap standar kompetensi teknis.

“Hasil akhir dari kegiatan ini akan menjadi bahan rekomendasi peningkatan kualitas pencarian dan pertolongan. Sehingga dalam operasionalnya memenuhi standar kompetensi, sesuai jenis keterampilan dibutuhkan dalam proses pertolongan pertama pada kecelakaan,” kata Mexi.

Sementara, sambungnya, pelatihan Potensi SAR Natuna sebanyak 21 orang. Mereka perwakilan TNI, Polri, Pemda dan organisasi masyarakat Natuna. Yang digelar selama 3 hari, dari tanggal 26 hingga 28 Oktober 2020.

“Kita akan adakan pelatihan di aula Hotel Natuna, aula Kantor KPP Natuna, area Wisata Pantai Piwang. Dalam pelatihan mengikuti protokol kesehatan Covid-19,” pungkas Mexi. (*pro kopim/diana/sri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here