Jelang Pembukaan TMMD ke 110, Dandim Ajak Awak Media Ngopi Pagi Bersama

0
226
PASITER saat memberikan pemaparan tentang perlombaan Karya Jurnalistik, duduk sebelah Dandim 0318/Natuna

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Dandim 0318/Natuna Letkol (Arm) Asep Ridwan mengajak awak media ngopi pagi bersama, Kamis 25 Februari 2021. Ngopi pagi atau bahasa keren coffee morning bersama awak media bertugas di kabupaten kepulauan perbatasan ditengah negara Asean ini, berlangsung di Dusun Sebayar, Desa Sungai Ulu, Kecamatan Bunguran Timur.

Loh, kenapa awak media diajak ngopi pagi di dusun terpencil, jauh dari hiruk pikuk kota Ranai, ibukota Kabupaten Natuna? Rupanya perwira TNI Angkatan Darat melati dua emas itu ingin mengenalkan lokasi bakal menjadi target program kerja TMMD atau TNI Manunggal Membangun Desa ke 110 Kodim 0318/Natuna, Korem 033/Wira Pratama, Kodam I/Bukit Barisan.

Dengan berbaju dinas lengkap, serta menerapkan protokol kesehatan ketat, Asep mulai bercerita tentang program kerja TMMD ke 110, direncanakan dibuka pada 2 Maret 2021. Tidak lupa perwira murah senyum itu, mengucapkan terimakasih atas partisipasi rekan-rekan jurnalis menjelang pembukaan Operasi Bhakti TNI ini, dengan kegiatan pembangunan dipedesaan, khusus kawasan tertinggal, terisolasi dan perbatasan.

“Jelang pembukaan TMMD ke 110, kami telah memulai membangun jalan penghubung, antara Dusun Sebayar menuju Desa Selemam, Kecamatan Bunguran Timur Laut, sepanjang 2 kilometer dan lebar 6 meter,” kata Asep. “Pembangunan jalan penghubung menjelang pembukaan TMMD, agar progres pekerjaan sesuai target telah ditentukan.”

TMMD, sambungnya, program kerja TNI Angkatan Darat. Dengan sasaran berdasarkan kebutuhan masyarakat, sesuai hasil analisa Babinsa disampaikan ke Komandan Kodim hingga komando atas. Jadi program ini didukung Mabes TNI.

‚ÄúDalam TMMD, kami akan laksanakan kegiatan pekerjaan fisik dan non fisik,” papar Asep. “Pekerjaan fisik membuka jalan penghubung tadi, sedangkan non fisik, sosialisasi Wawasan Kebangsaan, Narkoba, Hukum, Pertanian, Perikanan dan Pariwisata, dengan mengangkat Geopark Natuna dari nasional menuju internasional.”

Demi menambah motivasi rekan jurnalis, pihaknya akan mengadakan Perlombaan Karya Jurnalistik tingkat Nasional. Dengan tema pemberitaan, “TMMD Wujud Membangun Negeri”. Jadi Asep berharap rekan-rekan media Natuna, dapat ikut berperan, dan membuat karya jurnalistik terbaik, agar bisa memenangkan perlombaan ini.

Sementara, timpal Pasiter Kodim 0318/Natuna Kapten (Arh) Agus Sungkowo, ada tiga jenis media boleh ikut dalam Perlombaan Karya Jurnalistik tingkat Nasional, yakni online, cetak dan elektronik. Dengan pengiriman hasil karya setelah TMMD ke 110 resmi di buka, atau tepatnya dari 2 Maret hingga 31 Maret 2021.

“Hasil karya jurnalistik dapat dikirim melalui Kodim 0318/Natuna atau langsung ke Dispenad” papar Agus. “Juara dipilih tiga orang yang akan menerima piala dan penghargaan dari Pak KASAD.”

Sementara, terangnya, dalam program kerja TMMD ke-110 akan melibatkan 150 Satgas. Yang terdiri dari 15 orang dari Kelompok Komando, 25 orang dari Kelompok Asistensi dan 110 orang dari kelompok SSK. “Semoga kegiatan ini berjalan lancar,” pungkas Agus.

Seusai ngopi pagi bersama, Asep mengajak awak media meninjau lokasi pembangunan jalan penghubung Dusun Sebayar menuju Desa Selemam. Dalam peninjauan, tetap menerapkan protokol kesehatan ketat, demi antisipasi wabah Covid-19. (*andi surya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here