Ketua Dewan Sambut Hangat Audiensi Pengurus SMSI Kota Batam

0
219
SUASANA pertemuan Ketua Dewan dengan pengurus SMSI Kota Batam

BATAM, KABARTERKINI.co.id – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Batam Nuryanto menyambut hangat kehadiran Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di ibukota perbatasan Singapura ini. Karena organisasi gabungan pemilik perusahaan media siber itu bakal turut membantu menggerakan roda pembangunan daerah.

“Peran media massa sangat diperlukan suatu daerah atau negara di dunia,” ungkap Nuryanto saat menerima audiensi pengurus SMSI Kota Batam, dikantornya, Selasa 23 Maret 2021. “Sebab media massa yang selalu memberikan informasi tentang majunya suatu daerah atau negara ke publik.”

Media massa di Indonesia, menurutnya, jelas dibawah naungan perusahaan berbadan hukum dan terverifikasi Dewan Pers. Lalu, bergabung dalam wadah organisasi pemilik media telah menjadi konstituen Dewan Pers, salah satunya SMSI. Jadi produk jurnalistik dihasilkan perusahaan medianya, tidak akan diragukan.

“Saya pastikan, SMSI akan terus membimbing dan membina perusahaan media siber bergabung dengannya,” kata Nuryanto. “Sekali lagi saya tegaskan, produk jurnalistik dihasilkan akan faktual, dan sesuai Kode Etik Jurnalistik dan Undang-Undang Pers.”

Bicara produk jurnalistik tidak sesuai kaedah KEJ dan Undang-Undang Pers, Nuryanto pernah alami. Ketika di isukan melalui berita, ditangkap KPK. Padahal saat itu, ia menghadiri beberapa kegiatan termasuk dengan salah satu televisi lokal.

“Saya sempat kaget atas berita tidak benar itu,” paparnya. “Harusnya media berkompeten tidak mempublikasi berita belum jelas kebenarannya atau lakukan cek dan ricek terlebih dahulu, biar jangan salah tulis.”

Namun, sambung Nuryanto, dengan keberadaan SMSI di Kota Batam, produk jurnalistik akan lebih baik kedepannya. Ia berencana melalui Sekwan, akan menggandeng SMSI untuk program kerja DPRD Batam.

“Kita ingin program kerja, seperti reses, paripurna, pansus dan lainnya dapat dipublikasi dari media berkompeten,” kata Nuryanto. “Kami adalah wakil rakyat, wajar masyarakat harus tahu, apa yang telah dikerjakan wakilnya.”

Ketua SMSI Kota Batam Indra Helmi mengucapkan terimakasih atas sambutan Ketua Dewan beserta jajarannya. Karena memberi waktu audiensi para pengurus SMSI Kota Batam. Semoga hasil audiensi ini, semakin mempererat tali silaturahim.

“Kami akan berupaya memberikan produk jurnalistik terbaik,” kata Indra. “Pers harus bergandeng tangan dengan eksekutif dan legislatif, demi kepentingan Kota Batam kedepan.”

Lalu, wartawan senior itu menceritakan sejarah singkat berdirinya SMSI di Kota Batam. Menurutnya, organisasi media siber ini terbentuk, sesuai Surat Keputusan SMSI Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) pada 25 Februari 2021, dengan masa bakti 2021-2024.

“Meski kami belum genap satu bulan terbentuk, SMSI Kota Batam mulai mencoba melaksanakan kegiatan sosial,” ungkap Indra. “Bekerjasama dengan Polda Kepri, Polresta Balerang dan sejumlah pengusaha membagikan Sembako pada warga terdampak Covid-19 pada 12 hingga 19 Maret 2021.”

Sementara pada Ketua Dewan dan jajarannya, Indra berharap kegiatan lembaga wakil rakyat itu dapat mengandeng SMSI. Dengan bergandeng bersama, program kerja dilaksanakan akan terpublikasi dengan masif. Sebab secara nasional, ribuan pemilik media siber bergabung di SMSI.

“Setelah bertemu Pak Ketua Dewan dan jajarannya, kami akan melaksanakan audiensi ke Forkompinda se-Kota Batam,” terangnya. “Kami ingin menjalin silahturahmi sekaligus meningkatkan kerjasama demi kepentingan pembangunan Kota Batam kedepan.” (*andi surya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here