Kunker Hari Kedua di Perbatasan, Kapolda Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi, Resmikan Kampung Tangguh dan Posko Karhutla

0
204
KAPOLDA Kepri (tengah) foto bersama di Posko Karhutla

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Kapolda Kepulauan Riau (Kepri) Irjen Pol. Aris Budiman mempunyai segudang agenda selama empat hari, Senin 29 Maret hingga Kamis 1 April 2021, saat kunjungan kerja di Natuna. Kunjungan hari kedua, Selasa 30 Maret 2021 di kabupaten kepulauan perbatasan ditengah negara Asean ini, jenderal polisi bintang dua emas itu punya agenda, yakni meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Ranai, meresmikan Kampung Tangguh di Desa Semedang dan Posko Karhutla di Desa Batubi Jaya.

Sebelum meninjau pelaksanaan vaksinasi, Irjen Aris bersama rombongannya menggelar silaturahmi bersama FKPD di ruang utama Markas Polres Natuna, Jalan Adam Malik, Ranai. Dalam pertemuan, ia mengucapkan terimakasih atas kehadiran seluruh FKPD Natuna.

“Karena dengan silaturahmi akan terjalin sinergitas, antara TNI, Polri dan masyarakat, demi tercipta keamanan dan ketertiban di kabupaten perbatasan ini,” sambutannya melalui keterangan tertulis. “Ketika tercipta keamanan dan ketertiban, otomatis akan semakin baik pergerakan roda pembangunan suatu daerah.”

Seusai silaturahmi, Irjen Aris bersama rombongan meninjau program vaksinasi di Puskesmas Ranai, Jalan Sudirman. Vaksinator Puskesmas Ranai dr Monika mengatakan vaksinasi tahap kedua ini, diprioritaskan kepada pejabat publik.

Pejabat publik mendapat prioritas vaksinasi karena pekerjaan sehari-hari berhadapan langsung dengan masyarakat. “Sebanyak 69 pejabat publik divaksinasi tahap dua,” ungkap Monika. “Pejabat publik kita prioritaskan, sebab mereka sangat berisiko terpapar Covid-19.”

Irjen Aris berpesan pada Monika dan Vaksinator lainnya tetap semangat menjalankan tugas. Sebab tugas vaksinasi dilakukan tenaga kesehatan ini, salah satu pekerjaan mulia bagi kepentingan bangsa dan negara Indonesia.

“Saya berharap pada para peserta telah divaksinasi agar tetap mentaati protokol kesehatan demi antisipasi wabah Covid-19,” pesannya. “Seperti memakai masker diluar rumah, jaga jarak, hindari kerumunan massa, serta selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat.”

Dari memantau program vaksinasi, Irjen Aris beserta rombongan bergerak ke Desa Semedang, Kecamatan Bunguran Batubi, dengan agenda meresmikan Kampung Tangguh. ″Terus terang saya bangga dengan masyarakat Semedang,” kata Irjen Aris. “Meskipun letaknya sangat jauh dan terpelosok tetapi bisa mendirikan Kampung Tangguh di Natuna.”

Kunjungan berlanjut ke Desa Batubi Jaya, Kecamatan Bunguran Batubi. Irjen Aris meresmikan Posko Karhutla. Dalam kunjungan ia memberikan tali asih pada perangkat Desa Batubi Jaya. “Kampung Tangguh, merupakan kampung yang mampu menyiapkan kebutuhan hidup masyarakat,” bisik Kabid Humas Polda Kepri Kombes Harry Goldenhardt pada awak media. “Kampung yang juga tangguh mencegah dan mengantisipasi masuknya peredaran narkoba.”

Sedangkan Posko Karhutla, papar perwira Kepolisian melati tiga emas itu, mampu mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Salah satu antisipasinya, mensosialisasi ke masyarakat pentingnya menjaga pelestarian alam.

“Pak Kapolda pesan pada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran sembarangan saat membuka lahan pertanian,” kata Kombes Harry. “Karena dampak ditimbulkan sangat besar, bukan hanya merusak alam, tapi juga mengganggu kesehatan masyarakat sekitar.” (*andi surya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here