Lanal Ranai Gelar Komsos dengan Rukun Nelayan Lubuk Lumbang Sejahtera

0
290

Kabarterkini.co.id, Natuna – Lanal Ranai menggelar Komunikasi Sosial atau ajang silahturahmi dengan Rukun Nelayan Lubuk Lumbang Sejahtera di Pring, Kelurahan Bandarsyah, Kecamatan Bunguran Timur, Rabu 22 Juli 2020. Acara penuh kekeluargaan itu berlangsung di salah satu kedai makan sekitaran Dermaga Nelayan Pring.

Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Dofir melalui Paspotmar-nya, Mayor Laut (T) Teuku Faidil Sulung dalam sambutan mengatakan, Komsos digelar, selain silahturahmi, juga mensosialisasikan mengenai keamanan berlayar hingga menangkap ikan.

“Kami akan memberi pemahaman tentang jalur, pelarangan dan alat pelengkapan komunikasi saat menangkap ikan di laut,” papar Teuku Faidil. “Jadi soal pelarangan menangkap ikan, dengan mempergunakan bahan kimia, seperti bom atau bius.”

Tidak lupa, perwira TNI Angkatan Laut melati satu emas itu berpesan, pada para nelayan akan atau sudah melaut, melapor ke Pos TNI AL Penagi. Hal ini sangat penting, demi keselamatan para nelayan ketika melaut.

“Ketika Bapak-bapak menangkap ikan di laut, kami punya data dari laporan itu,” terangnya. “Seandai ada masalah, kami bisa mendeteksi dengan segera.”

Hasil Komsos, Lanal Ranai mendata jumlah nelayan bergabung di Rukun Nelayan Lubuk Lumbang Sejahtera sebanyak 153 orang. Selain mendata, penjaga laut kabupaten kepulauan perbatasan di tengah negara Asean ini, juga mencatat keluhan para nelayan.

Tampak dalam acara, antara lain, Kaur Dayaguna Spotmar Lanal Ranai Kapten Laut (P) Teguh BS, Wakil Ketua Rukun Nelayan Lubuk Lumbang Sejahtera Syafii, Babinpotmar Sertu Rusdiyanto dan Babinpotmar Sertu Nikolas. (*andy surya/penlanal ranai)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here