Terima Signal Tanda Bahaya dari Tanker Sichem, Kepala Basarnas Natuna Siaga

0
110
MEMANTAU perkembangan kapal dari layar monitor

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP/Basarnas) Natuna Mexianus Bekabel beserta personelnya bersiaga, ketika menerima signal tanda bahaya dari Tanker Sichem, Rabu 17 Februari 2021. Kapal berbendara Marshal itu memberi signal saat sedang berada diperairan Kepulauan Anambas.

“Kapal dengan berat 9900 GT itu, kini berada diposisi 03°43.7’N – 106°17.1’E dengan heading 5° berjarak ± 30 Nm dari Pos SAR Kepulauan Anambas,” kata Mexi -biasa disapa- melalui keterangan tertulis. “Saya perintahkan personel memantau perkembangan dan keselamatan kapal.”

Selain memerintah personel Pos SAR Kepulauan Anambas memantau perkembangan kapal, ia juga berkoordinasi ke Stasiun Radio Pantai (SROP) Kijang melalui E-mail untuk melakukan pemapelan atau maklumat pelayaran pada kapal-kapal lain yang melintasi kawasan perairan tersebut. Jika benar telah terjadi musibah pada Tanker Sichem pemberi signal tanda bahaya, dapat memberikan bantuan SAR darurat.

“Usai berkoordinasi ke SROP Kijang, personel saya mencoba memanggil Tanker Sichem menggunakan radio milik SROP Kepulauan Anambas,” papar Mexi. “Namun beberapa kali dihubungi belum tersambung.”

Oleh karena itu, sekali lagi ia berpesan pada seluruh personel Basarnas Natuna, terutama Pos SAR Kepulauan Anambas tetap siaga. Apabila sewaktu-waktu kondisi kapal mengalami hal-hal tidak diingini.

“Saya minta personel Pos SAR Kepulauan Anambas terus pantau dan berkoordinasi,” kata Mexi. “Saya beserta jajaran di Natuna, tetap turut siaga, dan siap turun lapangan.” (*andi surya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here