Walikota Minta Dukungan Masyarakat Membangun Batam

0
309
SAMBUTAN Walikota Batam Muhammad Rudi saat Musrenbang Kelurahan Sei Jodoh

BATAM, KABARTERKINI.co.id –  Walikota Batam Muhammad Rudi meminta masyarakat ikut mendoakan rencana besar membangun Batam. Paling prioritas, rencana pengembangan Pelabuhan Batuampar.

“Saya minta doa bapak dan ibu, Insya Alloh bisa tuntaskan pengembangan Pelabuhan Batuampar,” ucap Rudi saat menghadiri Musrenbang Kelurahan Sei Jodoh, Batuampar, Senin 8 Februari 2021.

Pengembangan pelabuhan ini, merupakan salah satu dari sekian lompatan besar yang akan dilakukannya di Batam. Menurut Rudi, jika hal ini dapat terselesaikan ekonomi Batam akan berkembang.

“Kalau pelabuhan ini terolah dengan baik, pendapatan akan banyak dari sana,” imbuh Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam itu.

Selain pelabuhan, infrastruktur jalan dari pelabuhan harus diperlebar hingga ke Simpang Kabil di dekat Kepri Mall. Semua proyek pembangunan menggunakan anggaran BP Batam.

Disimpang jalan pemerintah pusat akan membangun jalan layang kedua setelah Laluan Madani. Tidak hanya itu, jalan hingga ke kawasan Mukakuning akan dikembangkan secara bertahap. Termasuk jalan menuju Bandara.

“Berbagai pembangunan ini memiliki keterkaitan guna menuju Batam lebih maju. Akses jalan merupakan salah satu yang utama mendukung investasi,” terangnya.

Bukan rahasia umum, Rudi konsen mengembangkan pembangunan infrastruktur. Gebrakan ini dilakukan tanpa menghilangkan kewajiban lain yang berkaitan langsung dengan masyarakat.

Peningkatan infrastruktur dilakukan dalam rangka mendukung pariwisata. Seperti diketahui, Batam merupakan salah satu daerah penyumbang kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) terbanyak di Indonesia. Rudi memahami hal ini merupakan potensi besar bagi ekonomi Batam.

“Di samping industri olahan, manufaktur dan lainnya, pariwisata kita akan terus dibenah,” terangnya.

Mendukung pembangunan, berbagai potensi mempercepat pembangunan terus dioptimalkan. Tidak hanya yang bersumber dari APBD Batam, melalui BP Batam diikutsertakan terutama jalan menuju kawasan investasi. Selain itu koordinasi dengan pemerintah provinsi dan pusat.

“Kita semua harus berpacu dengan waktu demi pembangunan Batam yang kita cintai ini,” ajaknya.

Jalan dari Simpang Sei Harapan menuju terminal ferry Sekupang serta Rumah Sakit BP Batam akan dikembangkan dan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Kolam Sekupang tidak jauh dari rumah sakit akan dipercantik.

Simpang Base Camp dan Simpang Tembesi akan ditata, pelebaran jalan dari Simpang Taiwan ke Batu Besar, hingga pembangunan lanjutan jalur dua Simpang Base Camp ke Sei Harapan.

“Terakhir, saya minta sama-sama kita cegah Covid-19. Virus ini belum hilang, mari taati protokol kesehatan. Pembangunan saya sebut tadi akan terganggu kalau pandemi ini masih ada, makanya mari sama-sama berbuat terbaik untuk Batam,” pintanya. (*simanungkalit/mcb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here