Pangdam I/BB Hadiri Agenda Penerimaan Alutsista Astros II MK 6 di Batalyon Komposit I/Gardapati Natuna

0
272
SAMBUTAN Pangdam

kabarterkini.co.id, NATUNA – Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI MS Fadhillah didampingi Danrem 033 Wira Pratama beserta rombongan kunjungan kerja ke Natuna. Dalam kunjungan kerja Pangdam untuk menghadiri agenda penerimaan Alutsista Astros II MK 6 di Batalyon Komposit I Gardapati Natuna yang digelar di Desa Teluk Buton, Kecamatan Bunguran Utara, Senin kemarin.

“Kemajuan pengetahuan dan teknologi sangat sulit terprediksi. Jadi telah menggeser paradigma global maupun nasional. Yang berimplikasi pada ancaman terhadap kedaulatan bangsa dan negara,” sambutan Pangdam.

Terlebih lagi Indonesia, menurutnya, merupakan salah satu negara maritime, tropis, agraris dan memiliki potensi alam melimpah, telah menciptakan keunggulan bersifat kompetitif sekaligus menjadi tantangan sebagai bangsa merdeka dan berdaulat.

Untuk menghadapi indikasi ancaman terhadap wilayah kedaulatan NKRI dikabupaten perbatasan ini, telah diamanatkan kepada Yonkomposit I/Gardapati, alutsista Astros II MK 6 sebanyak 14 unit. Alutsista itu demi meningkatkan mutu pelaksanaan tugas dalam memperkuat pertahanan.

Mengingat alutsista jenis ini baru ditempatkan di tiga markas satuan TNI AD (termasuk Yon Komposit I/Gardapati). Sehingga Pangdam mengharapkan agar para prajurit Baterai Armed Yon komposit I/Gardapati untuk dapat mempelajari, melakukan latihan-latihan bagi menguasai fasilitas ini dengan penuh tanggungjawab, serta menjaga dan merawat secara rutin dan berkala agar sarana pelaksanaan tugas dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Natuna Tasrif dalam sambutan menerangkan bahwa seiring perhatian dalam upaya percepatan pembangunan diwilayah perbatasan, diterapkan pula peningkatan kemampuan system pertahanan untuk menjaga wilayah kedaulatan NKRI.

Tasrif juga mengatakan, sebagai tuan rumah, pemerintah daerah dan masyarakat akan selalu menyambut baik para personil TNI yang bertugas, menjadikannya bagian tidak terpisahkan dalam tatanan sosial.

“Kebersamaan, persaudaraan dan kemanunggalan antara TNI dengan masyarakat Natuna terus terjalin, menjadi sebuah kekuatan baru sebagai modal mendukung kemajuan disegala bidang,” pungkasnya. (*humas)

editor: andy surya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here