Tingkatkan SDM Asahan, Pemkab Bakal Bangun BLK

0
78
SUASANA pertemuan

ASAHAN, KABARTERKINI.co.id – Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin menyatakan Pemerintah Kabupaten Asahan, Sumatera Utara akan membangun BLK (Balai Latihan Kerja) sebagai tempat untuk melatih para calon pencari kerja sehingga mudahkan mereka mendapatkan lapangan pekerjaan.

“Dengan terbangun BLK, kita berharap Sumber Daya Manusia generasi muda Asahan memiliki kemahiran atau keterampilan sesuai bidang masing-masing. Otomatis memudahkan mereka memperoleh pekerjaan atau membuka usaha sendiri,” kata Taufik di Kantor BBPLK Medan, Rabu 6 April 2021.

Rencana pembangunan BLK, menurutnya, sesuai visi misi Pemkab Asahan, demi mewujudkan masyarakat Asahan sejahtera yang religius dan berkarakter.

“Saat ini banyak lulusan SLTP dan SLTA, sementara persaingan dunia usaha cukup ketat. Sehingga diantara mereka tidak diterima di pasar kerja. Karena kompetensi dibutuhkan perusahaan tidak sesuai dengan pencari kerja. Padahal saat ini perusahaan terus berdiri di wilayah Kabupaten Asahan,” ujar Taufik.

Jadi, ulangnya, Pemkab Asahan harus segera menghadirkan BLK. Nanti para pencari kerja terlebih dulu dilatih sesuai dengan kebutuhan pasar. Ketika mereka melamar pekerjaan bisa langsung diterima, karena sesuai keahlian.

“Nantinya akan banyak pelatihan yang disediakan. Kemungkinan akan mengadopsi negara – negara maju. Misalnya program disediakan meliputi in house training dan on the job training untuk kejuruan, mesin industri, elektronika industri mekatronika dan sebagainya,” kata Taufik.

Kepala BBPLK Medan Muhammad Ali menyambut baik kehadiran Wakil Bupati Asahan dan mendukung penuh niat baik Pemkab Asahan terkait rencana pembangunan BLK. “Kami siap memberikan informasi tentang kebutuhan pembangunan BLK,” pungkasnya. (*syahroel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here